77 Days 8 Hr 19 Min 46 Sec

Road to Hack Day


Roadshow Jakarta

Registration CLOSED

Roadshow Bandung

Registration CLOSED

Roadshow Yogyakarta

19 June 2019

Roadshow Surabaya

25 June 2019

Bergandengan Tangan Menguatkan Ekosistem IoT Mengarungi Gelombang Baru Menyongsong Era Industri 4.0 Bersama Telkomsel Innovation Center

Pengalaman kami berbicara bahwa ide-ide yang dianggap inovatif tidak selalu membantu menyelesaikan masalah, seringkali inovasi hanya menjadi rekayasa berlebihan dan hampir menjadi sesuatu yang "tidak berguna".

Tetapi, mungkin itu hanya sebuah fase yang perlu dilalui dalam menapaki tangga keberhasilan. Kami pun tiada lelah untuk selalu percaya bahwa para innovator tersebut mampu mengembangkan karyanya agar lebih bermanfaat. Dengan semangat kolaborasi, kami sangat antusias menanti inovasi dan ide-ide brilian Anda.

Telkomsel Innovation Center (TINC) Hackathon memberikan peluang dan kesempatan bagi para developers pemula, UMKM, bisnis rintisan, dan pelajar untuk merancang serta mengembangkan ide-idenya bersama kami. Inovasi yang dikembangkan mesti mampu mengatasi kendala dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku industri saat ini. Melalui TINC Hackathon, para innovator Tanah Air berpeluang untuk membuat karyanya lepas-landas ke pasar.


Tantangan


Bagaimana kita memanfaatkan IoT pada sektor industri untuk: memonitor indikator kesehatan, efisiensi energi, mengoptimalisasi produktivitas?

Selama 5 tahun terakhir, Internet of Things (IoT) di Indonesia semakin populer dengan solusi terkemuka oleh pakar, individu dan perusahaan sebagai pengguna akhir.

Penggunaan sensor dan otomatisasi kendali jarak jauh melalui aplikasi merupakan permintaan yang tidak terhindarkan. Ini sejalan dengan visi industri maju Industri 4.0

Agar industri IoT Indonesia dapat mengembangkan dan memberikan solusi yang tepat, tantangan pembuat IoT oleh Telkomsel Innovation Center merekrut tim untuk merancang dan mengembangkan solusi IoT untuk mencapai hasil ini. Tahun ini, kami menantang kalian untuk memilih salah satu tantangan di bawah ini dan merancang dan mengembangkan solusi IoT yang tepat untuk mengatasinya.

1. Bagaimana kita dapat memonitor indikator kesehatan untuk mencegah kecelakaan kerja pada sektor industri dengan menggunakan IoT?

Sektor industri merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar terhadap produ domestik bruto Indonesia dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Namun demikian, masalah seperti kelelahan pekerja karena waktu kerja yang melebihi batas dan kecelakaan kerja seperti insiden kebakaran, insiden pada penggunaan alat kerja yang tidak benar masih perlu diselesaikan. Apakah mungkin teknologi IoT dapat digunakan dalam memonitor indikator kesehatan untuk mencegah kecelakaan kerja pada sektor industri?

2. Bagaimana kita bisa memonitor efisiensi energi dengan menggunakan IoT di industri manufaktur?

Industri manufaktur pasti memerlukan energi dalam menjalankan proses produksi dan bisnis. Semakin besar energi yang digunakan maka semakin besar beban yang harus ditanggung oleh sebuah industri. Terutama pada industri manufaktur yang sudah berdiri lama dan menggunakan mesin lama yang biasanya mengkonsumsi energi yang lebih besar. Dengan berbagai sensor yang tersedia dalam mendapatkan informasi terkait dengan energi yang digunakan pada sebuah mesin industri, apakah mungkin teknologi IoT digunakan untuk mendeteksi seberapa besar efisiensi energi yang digunakan oleh mesin pada sebuah industri manufaktur?

3. Bagaimana kita dapat mengoptimalisasi produktivitas jalur produksi dengan menggunakan IoT pada sektor industri?

Beragam produk yang dihasilkan dan beragam komponen yang digunakan oleh industri berdampak pada panjangnya lini produksi yang digunakan dalam proses produksi. Semakin panjang lini produksi maka proses semakin kompleks, dan semakin sulit untuk melihat kerusakan jika terjadi sebuah error. Selain itu, sangat mungkin terjadi kerusakan pada mesin dalam industri, terutama karena mesin memiliki batasan usia dalam beroperasi. Jika terjadi sebuah kerusakan pada mesin dapat menyebabkan downtime yang berakibat pada kerugian bisnis. Dengan berbagai sensor yang tersedia dalam mendapatkan informasi terkait dengan kondisi mesin industri, apakah mungkin teknologi IoT digunakan untuk mengoptimalisasi produktivitas jalur produksi dengan menggunakan IoT pada sektor industri?



Keuntungan bagi Anda

50 tim yang lolos kualifikasi akan saling berkompetisi selama 24 jam. Bagi tim yang keluar sebagai juara akan mendapat sejumlah hadiah berupa uang dan hadiah menarik lainnya. Kami juga menghadirkan sesi mentoring, bantuan, serta konsultasi mendalam bersama konsultan teknologi yang kami pilih guna memoles karya, konsep, dan prototipe sebelum dan selama penyelenggaraan berlangsung. Dengan mengikuti acara ini Anda juga akan membuka kesempatan untuk berjejaring dengan komunitas developer, berbagai pelaku industri, dan tokoh-tokoh yang berhasil dalam industri teknologi.

3 Team Pemenang
Hadiah yang menanti:

  • Juara I : Rp.50.000.000
  • Juara II : Rp.30.000.000
  • Juara III : Rp.20.000.000

Peserta Hackathon berpeluang mendapatkan kesempatan untuk langsung bergabung dalam program TINC dengan beberapa keuntungan:

  1. Bantuan biaya untuk pengembangan
  2. Akses bebas ke lab inovasi IoT,
  3. Mentoring gratis dengan para pakar dari Telkomsel
  4. Akses bagi penyedia platform IoT selama program inkubasi berlangsung
  5. Akses ke lebih dari 170 juta pelanggan ritel dan 700 ribu rekanan ritel dan perusahan pelanggan dari Telkomsel
  6. Fasilitas jaringan dan teknologi dengan jangkauan nasional (3G, 4G, NB-IoT)






Penting untuk diperhatikan


Kami mencari

Pengembang (developers) dari kalangan:

  1. Perusahaan rintisan (startups),

  2. System integrators

  3. Institusi Pendidikan

Keahlian yang dibutuhkan

Peserta setidaknya memiliki keahlian utama yang berkaitan dengan pengembangan. Hal ini dibutuhkan guna merancang solusi IoT pada puncak acara Hackathon yang berlangsung selama satu hari.

Aturan main

  1. Peserta dipersyaratkan membentuk satu tim berjumlah (dua) sampai 3 (tiga) orang anggota.
  2. Prototipe yang dirancang mesti mampu tersambung dengan jaringan IoT. Jaringan IoT akan disediakan oleh Telkomsel berdasarkan permintaan; NB-IoT, 3G, 4G.
  3. Solusi IoT yang akan dibuat oleh peserta bersifat built-in. Informasi selengkapnya dijelaskan pada sesi briefing peserta.
  4. Peserta diberikan keleluasaan untuk merancang perangkat yang akan diperlombakan. Tim juga diperbolehkan membawa dan menggunakan perangkat/sensor yang biasa digunakan untuk merancang prototipe selain yang disediakan oleh penyelenggara. Informasi lebih detil dijelaskan pada sesi briefing.




4 Langkah mudah untuk bergabung



Daftarkan tim dan sertakan ide solusi IoT Anda


Datangi roadshow di kota-kota yang Anda pilih


Hadiri workshop pra-hackday


Hadiri acara HACKDAY dan jadilah PEMENANG!





Catat tanggal-tanggal penting di bawah ini



8 Mei 2019
🕐 13.00 – 19.00 WIB
Roadshow Jakarta
Registrasi ditutup

22 Mei 2019
🕐 13.00 – 19.00 WIB
Roadshow Bandung
Registrasi ditutup

19 Juni 2019
🕐 10.00 – 16.00 WIB
Roadshow Yogyakarta
Registrasi ditutup

25 Juni 2019
🕐 10.00 – 16.00 WIB
Roadshow Surabaya
Registrasi ditutup

23 Juli 2019
🕐 08.00 – 12.00 WIB
Pre-HackDay Workshop 
(Khusus untuk 50 tim yang lolos kualifikasi)

Briefing untuk mempelajari pelaksanaan kompetisi. Konsultan teknologi dari Telkomsel akan memfasilitasi para peserta untuk mengokohkan konsep dan nilai produk yang akan dikembangkan selama separuh hari pelaksanaan acara ini.

23 - 24 Juli 2019
🕐 12.00 – 18.30 WIB
Hackday
(Khusus untuk 50 tim yang lolos kualifikasi)

Selama satu hari, 50 tim yang berhasil lolos kualifikasi akan merancang dan mempresentasikan prototipe mereka. Pada sesi ini peserta juga bisa menerima masukan dan saran dari konsultan dari masing-masing mentor. Puncak acara ini mesti dihadiri oleh sebagian besar peserta yang berpartisipasi pada acara TINC Hackathon.


Telkomsel Innovation Center

TINC Program. PT. Telekomunikasi Selular Komplek Telkom Landmark Tower - Tower 1. Telkomsel Smart Office (TSO) Lt.19. Jl. Jend.Gatot Subroto Kav. 52

innovate2019@tinc.id

@tinc.id

Telkomsel Innovation center

@tinc_id

FAQ

1. Apa itu InnOvaTe - Industrial IOT Innovation with Telkomsel?

InnOvaTe - Industrial IOT Innovation with Telkomsel adalah kompetisi inovasi na-sional yang diadakan oleh Telkomsel Innovation Center (TINC) yang merupakan inkubator dari Telkomsel. Bertemakan inovasi IOT pada industri, InnOvaTe mengumpulkan para pengembang teknologi berbakat (perangkat keras dan lunak), dan juga partisipan dari berbagai sektor untuk mengembangkan teknologi nyata yang bermanfaat bagi industri dalam kurun waktu 24 jam. Dalam acara ini, TINC bermitra dengan Kementrian Perindustrian, Asosiasi IOT Indonesia, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Innovesia dan Makedonia serta mendapatkan dukungan dari IOT Innovation Lab, InnoXtion dan Connectinc.


2. Apakah solusi yang kami buat harus dalam bentuk IoT (Internet of Things)?

Ya, dengan menggunakan development module yang telah disediakan oleh Telkomsel.


3. Apakah saya perlu membayar untuk mengikuti InnOvaTe - Industrial IOT Inno-vation with Telkomsel?

Tidak perlu, karena kegiatan ini gratis dan tidak berbayar. Harap berhati-hati terhadap segala ancaman penipuan.


4. Apakah saya perlu memiliki kualifikasi khusus untuk mengikuti InnOvaTe - In-dustrial IOT Innovation with Telkomsel?

Telkomsel tidak menanggung biaya pergantian apapun, baik itu biaya perjalanan, akomodasi maupun transportasi yang dikeluarkan oleh peserta. Biaya akomodasi dan transportasi ditanggung sepenuhnya oleh peserta. Panitia acara dari Telkomsel hanya menyediakan konsumsi dan fasilitas selama berlangsungnya rangkaian acara yang berkaitan dengan kegiatan InnOvaTe - Industrial IOT Innovation with Telkom-sel.


5. Apakah Telkomsel akan menyediakan akomodasi untuk peserta dari luar kota untuk tahapan kegiatan?

Telkomsel tidak menanggung biaya pergantian apapun, baik itu biaya perjalanan, akomodasi maupun transportasi yang dikeluarkan oleh peserta. Biaya akomodasi dan transportasi ditanggung sepenuhnya oleh peserta. Panitia acara dari Telkomsel hanya menyediakan konsumsi dan fasilitas selama berlangsungnya rangkaian acara yang berkaitan dengan kegiatan InnOvaTe - Industrial IOT Innovation with Telkomsel.


6. Berapa jumlah maksimal anggota di dalam sebuah tim yang bisa mendaftar?

Dalam InnOvaTe - Industrial IOT Innovation with Telkomsel kamu bisa mendaftar dalam tim. Jumlah anggota yang diperbolehkan dalam satu tim adalah minimal 2 orang dan maksimal 3 orang. Artinya, kamu dan maksimal 2 teman kamu dapat mendaftar sebagai tim.


7. Apa yang harus saya bawa pada saat hack day?

Bawalah ponsel, laptop atau perangkat komputer yang Anda gunakan dan teknologi apa pun yang dapat menginspirasi Anda. Kami akan menyediakan beberapa alat pendukung dan development board/module. Selain itu, silakan bawa baju ganti, obat-obatan yang diperlukan dan perlengkapan lain yang membuat Anda nyaman namun tidak mengganggu peserta lain.


8. Siapa yang akan memegang Hak Kekayaan Intelektual untuk produk yang akan saya kembangkan dalam kegiatan InnOvaTe - Industrial IOT Innovation with Telkomsel?

Hasil akhir dari kompetisi hack day InnOvaTe - Industrial IOT Innovation with Telkomsel dan semua perubahannya menjadi hak milik Telkomsel yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pengembangan lebih lanjut di masa mendatang.


9. Seperti apa hasil yang diharapkan dari kegiatan hack day dan bagaimana tampilan akhir dari presentasi tersebut?

Kami berharap Anda akan mengembangkan purwarupa kerja yang akan mewakili ide Anda. Akan ada demo mengenai purwarupa yang Anda buat. Tidak boleh ada slidedeck atau powerpoint dalam presentasi akhir. Presentasi terakhir dibatasi pada pitch 5 menit dan kemungkinan tanya jawab dari para juri.


10. Apakah terdapat hadiah untuk kompetisi InnOvaTe - Industrial IOT Innova-tion with Telkomsel?

Telkomsel menyediakan hadiah uang tunai dan juga pengembangan produk inkubasi lanjutan bagi para pemenang. Pemenang pertama berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp. 50.000.000, pemenang kedua berhak mendapatkan uang tunai senilaiRp. 30.000.000 dan pemenang ketiga berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp. 20.000.000. Selain itu para pemenang berkesempatan untuk langsung mengikuti program inkubasi TINC (Telkomsel Innovation Center) dengan berbagai manfaat yang meliputi:

  1. Dukungan pendanaan untuk pengembangan,
  2. Akses bebas ke lab inovasi IoT,
  3. Mentoring teknis dan bisnis dari para ahli di Telkomsel,
  4. Akses bebas ke platform IoT selama berpartisipasi pada program TINC.
  5. Akses ke lebih dari 170 juta pelanggan retail, 700 ribu mitra retail dan pelanggan enterprise Telkomsel
  6. Dukungan jaringan selular dengan jangkauan seluruh nasional dengan teknologi terbaru (3G, 4G, NB-IoT)


11. Jika saya tidak ikut roadshow, apakah saya tetap dapat mengikuti kegiatan hack day?

Ya, Anda tetap dapat mengikuti kegiatan hack day. Namun sayang sekali jika Anda melewati kesempatan untuk hadir di roadshow dan mendapatkan info secara langsung serta pengetahuan baru.


12. Apakah semua peserta wajib mengikuti technical meeting dan pre-hack day workshop dalam rangkaian kegiatan ini?

Semua peserta terpilih WAJIB mengikuti technical meeting dan pre-hack day workshop yang akan berlangsung pada tanggal 17Juli 2019 di Jakarta.


13. Apa saja syarat untuk mendaftar InnOvaTe - Industrial IOT Innovation with Telkomsel?

Syarat untuk mendaftar adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI),
  • Akademisi atau profesional,
  • Memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku (Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor),
  • Kemauan untuk bersama-sama mengembangkan solusi IoT terbaik bagi industri bersama TINC.


14. Apakah ada kontak yang bisa kami hubungi?

Ada, sila kirimkan email kepada kami di innovate2019@tinc.id, dan beri tahu kami bagaimana kami dapat membantu.


15. Berapa lamakah kegiatan hack day ini berlangsung?

Kegiatan hack day berlangsung selama 24 jam. Namun rangkaian kegiatan pen-dukung berlangsung selama 2 hari dari tanggal 18 Juli sampai 19 Juli 2019


16. Apakah diizinkan untuk Googling, menggunakan 3rd party atau library (source code) sebagai referensi tambahan dalam kegiatan hack day?

Tentu saja diperbolehkan.


17. Jenis peralatan dan bahasa pemrograman apakah yang boleh digunakan dalam kegiatan hack day ini?

Dapat menggunakan perangkat, peralatan, dan jenis bahasa pemrograman apapun.


18. Apakah nanti akan menggunakan API khusus dalam pengerjaan purwarupa saat hackday?

Ya, namun akan diberikan informasi lebih lanjut pada kegiatan pre-hack day atau H-1 hack day.

19. Jika saya mahasiswa/pelajar, apakah saya perlu surat keterangan dari in-stitusi tempat saya belajar?

Ya, karena kegiatan pada hack day bukan berada pada hari libur akhir pekan, maka perlu surat keterangan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi di waktu mendatang.